Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Surya Paloh: Pemilu 2024 Harus Berjalan Adil dan Bebas Intervensi

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 28 Januari 2024 | 18:54 WIB
Share:
Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Capres nomor urut 1, Anies Baswedan. (Foto: Media Center Nasdem)
Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Capres nomor urut 1, Anies Baswedan. (Foto: Media Center Nasdem)

RMJABAR.COM - Bandung - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menggelorakan semangat perubahan di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Medcom.id/P Aditya Prakasa

Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berharap

Kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diharapakan jauh lebih baik daripada pemilu sebelumnya. Masyarakat dan penyelenggara pemilu harus sama-sama menjaga agar pemilu berjalan demokratis.  

Demikian ditegaskan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam kampanye akbar Partai NasDem di Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/1).

"Kita tentu berharap dari pemilu ke pemilu dengan kualitas yang ada ini kita bersama dengan seluruh komponen masyarakat, termasuk penyelenggara pemilu itu sendiri, memiliki komitmen dan konsisten untuk menjalankan pemilu yang berkeadilan, bebas dari intervensi dari manapun," ujar Surya Paloh

Surya Paloh mengingatkan masyarakat tetap menjaga persatuan di tengah kompetisi politik. Jangan sampai persatuan dan persaudaraan rusak hanya karena perbedaan pilihan politik.

"Bagi NasDem persatuan dan keutuhan negeri ini lebih mahal, lebih hebat, harus terjaga daripada pemilu itu sendiri," tegas dia.
Demokrasi Jangan Dirusak

Surya Paloh menekankan Indonesia menganut sistem demokrasi. Artinya, masyarakat bebas dalam menyalurkan hak-hak dan kewajibannya.

NasDem, kata dia, telah memberikan komitmen sebagai institusi politik yang tetap bersiteguh membawa gerakan perubahan, dan sangat berkepentingan dengan seluruh kekuatan mempertahankan tumbuh, sehat, dan berkembangnya demokrasi di Indonesia.

"Demokrasi tidak boleh dirusak oleh siapa pun juga saudara-saudaraku semua. Tidak boleh dirusak oleh siapa pun," tegas Surya Paloh.

Surya Paloh mengatakan demokrasi mengatur hak-hak pribadi, hak-hak keluarga, dan hak-hak publik. Demokrasi tidak boleh dicampuradukkan dengan kepentingan pribadi.

"Kita tidak boleh mencampuradukkan hak-hak pribadi, keluarga dengan hak-hak publik. Ini misi besar kita di negeri ini," demikian orasi Surya Paloh.rajamedia

Komentar: