Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

9 Pelajar Tewas dalam Kecelakaan Bus di Subang, Pj Gubernur Jabar Upayakan Beri Bantuan!

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 12 Mei 2024 | 06:44 WIB
Share:
Pj Gubernur Jabat Bey Machmudin. (Foto: Repro)
Pj Gubernur Jabat Bey Machmudin. (Foto: Repro)

RMJABAR.COM - Lakalantas Subang - Kecelekaan lalulintas (Lakalantas) bus pariwisata Putera Fajar yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana, Kota Depok, Jawa barat, mengalami kecelakaan di kawasan turunan Sari Ater, Subang, Jawa Barat.

Korban meninggal akibat kecelakaan itu mencapai 11 orang. Satu persatu petugas berhasil mengindentidfikasi identitas korban.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, korban meninggal berjumlah sebelas orang, lima korban laki-laki dan enam wanita.
"Ada sebelas orang yang meninggal dunia, itu lima laki dan enam perempuan," katanya kepada awak media, Minggu dinihari (12/5.

Diungkapkannya, terkait pemulangan jenazah masih menunggu hasil identifikasi petugas.

"Tentu menunggu kecocokan identitas. Kepastian dari pihak RS, kami tidak akan menahan kalau sudah beres semuanya. Insya Allah secepatnya, jadi secepatnya kami minta untuk segera identifikasi," ungkapnya.

Santunan

Lebih lanjut, Bey menyampaikan bagi para korban disebut akan diberi uang santunan. Bey menjamin pemerintah akan hadir dalam penanganan korban di rumah sakit.

"Untuk santunan korban meninggal, akan mendapatkan lima puluh juta dari Jasa Raharja dan dua puluh juta untuk luka-luka. Tapi kami akan mengupayakan, biaya ditanggung pemerintah semua," bebernya.

Sementara, sepuluh dari sebelas korban itu merupakan pihak sekolah SMK Lingga Kencana Depok. Sembilan merupakan siswa dan satu guru.

Sementara, satu korban lainnya merupakan warga sekitar yang ada di lokasi tengah memarkirkan kendaraannya.

Sebagai informasi, bus pariwisata Putera Fajar yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana, Kota Depok, Jawa barat, mengalami kecelakaan di kawasan turunan Sari Ater, Subang, Jawa Barat.

Bus sendiri dikabarkan dalam perjalanan usai mengantar puluhan siswa melaksanakan kegiatan perpisahan sekolah.

Bus yang sarat penumpang ini diduga mengalami rem blong hingga terguling. Selain itu, di lokasi kejadian tampak sejumlah sepeda motor rusak lantaran terlibat kecelakaan dengan bus di ruas jalan tersebut.
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Dwiyagus menyampaikan pihaknya masih melakukan penyelidikan. Utamanya, terkait penyebab kecelakaan yang melibatkan beberapa kendaraan itu.

Saat ini, korban meninggal dibawa ke rumah sakit terdekat. Perkembangan bakal disampaikan sesegera mungkin.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Subang, Asep Setia Permana, mengatakan, bus yang mengangkut rombongan pelajar tersebut hendak pulang menuju Depok dari Bandung setelah menggelar kegiatan perpisahan.

"Sementara perkiraan bus rombongan perpisahan anak SMK Lingga Kencana Depok telah mengadakan acara perisahan di Bandung," ucap Asep kepada wartawan, Sabtu (11/5).

Dikatakan Asep bus tersebut pulang melintasi Jalan Ciater dan diperkirakan hendak menuju Tol Cipali Subang. Namun, diduga bus mengalami rem blong sehingga menyebabkan tidak terkendali dan berakibat kecelakaan lalu lintas.

"Diduga rem blong sehingga karena tidak terkendali menabrak kendaraan roda empat Jeep dan beberapa motor," pungksnya.rajamedia

Komentar: