Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Setjen DPR RI Gelar Forum Bakohumas Bertajuk 'Redesain Website DPR RI'

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 04 Mei 2024 | 05:04 WIB
Share:
Forum Tematik Bakohumas dengan bertajuk "Redesain Website DPR RI: Menyambut Periode 2024-2029". (Foto: Dok DPR RI)
Forum Tematik Bakohumas dengan bertajuk "Redesain Website DPR RI: Menyambut Periode 2024-2029". (Foto: Dok DPR RI)

RMJABAR.COM - Jakarta - Forum Tematik Bakohumas dengan bertajuk "Redesain Website DPR RI: Menyambut Periode 2024-2029" digelar Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, di ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Kota Jakarta, Jumat (3/5).

Narasmuber dalam forum ini yaitu Kepala Pusat Teknologi dan Informasi DPR RI, Djaka Dwi Winarko dan Sri Haryati selaku Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Biro Humas dan KSI dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Forum tematik ini dibuka oleh Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso dengan menyampaikan keynote speech sebagai bentuk komitmen DPR RI untuk terus meningkatkan pelayanan informasi terhadap masyarakat melalui website DPR RI.

"Website DPR harus didesain yang menarik serta diisi konten yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar website lebih informatif dan partisipatif bagi masyarakat," kata Agung.

Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan tampilan baru website DPR RI yang lebih user friendly, informatif, serta partisipatif.

Dengan memiliki kanal website yang mempermudah masyarakat untuk menggapai informasi terkait produk DPR RI maka hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap DPR RI.

Redesain website yang dilakukan Setjen DPR RI tersebut merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang menyebutkan bahwa hak memperoleh informasi dan keterbukaan informasi merupakan ciri-ciri negara demokrasi yang menjunjung kedaulatan rakyat.

Sebagaimana diketahui, tahun 2024 adalah tahun periode baru keanggotaan DPR RI yang telah terpilih dalam pemilu legislatif tahun 2024.

Sekretaris Jendral DPR RI Indra Iskandar menginisiasi untuk memperbarui tampilan website DPR RI, mengingat kebutuhan masyarakat yang besar terhadap informasi terkait lembaga DPR RI.

Indra menjelaskan, dengan menghadirkan tampilan yang mudah dan modern maka akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam sistem demokrasi melalui lembaga DPR RI.

"Kami berharap dengan adanya Redesain Website DPR ini dapat menjadi wadah aspirasi masyarakat sehingga publik pengguna dapat merasakan pengalaman yang baru dan berbeda yang tentunya pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (user friendly)," ucapnya.

Turut hadir Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong sebagai ketua Bakohumas, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar serta para pejabat di lingkungan Setjen DPR RI.

Sumber: jabarprov.go.idrajamedia

Komentar: