Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Mohon Perhatiannya! 1649 Ruang Kelas SD di Cianjur Rusak Berat

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 11 November 2022 | 06:17 WIB
Share:
Ilustrasi sekolah rusak berat/Net
Ilustrasi sekolah rusak berat/Net

Raja Media Jabar, Cianjur - Teracatat sebanyak 1.649 ruang kelas SD di Kabupaten Cianjur rusak berat. Tak hanya itu, ribuan kelas belajar lainnya pun mengalami kerusakan, totalnya ada 4.676 ruang kelas .

Pernyataan itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur Akib Ibrahim, dikutip dari laman Disway, Jumat (11/11).

Menurut Akib, dari 4.676 ruang kelas itu 1.649 di antaranya rusak berat, 1.952 ruang kelas rusak sedang dan rusak ringan sebanyak 1.065 ruang kelas.

"Total ruang kelas di Cianjur ada 8.800 lokal, yang rusak setengahnya. Tapi yang rusak berat total ada 1.649 lokal atau sekitat 15 persennya," katanya.

Kata Akib, kategori rusak berat adalah yang kerusakannya di atas 60 persen.

Namun tidak sedikit yang masih dipaksakan untuk digunakan, namun sekitar 20 persennya kini tidak lagi dijadikan tempat belajar mengajar.

"Yang masih digunakan 80 persennya, meski berbahaya karena sudah rusak berat tapi digunakan lantaran tidak ada lagi ruang kelas pengganti. Ada juga yang sekarang sudah tidak lagi digunakan karena sudah sangat parah kerusakannya, seperti sudah ambruk," ujar Akib.

Tidak hanya banyak ruang kelas yang rusak, Akib mengungkapkan jika Cianjur masih kekurangan 1.200 ruang kelas baru untuk SD.

"Iya jadi tidak hanya ada yang rusak, tapi kita juga masih kekurangan ruang kelas," kata dia.

Akib mengungkapkan ketersediaan anggaran yang terbatas membuat Pemkab tidak bisa menyelesaikan perbaikan ruang kelas tersebut dalam waktu dekat.

Bahkan menurutnya butuh 16 tahun untuk menyelesaikan perbaikan seluruh ruang kelas yang rusak berat.

"Anggaran kita terbatas, tahun lalu kita hanya bisa memperbaiki 60 ruang kelas SD, dan tahun depan yang sudah dianggarkan ada 126 ruang kelas yang diperbaiki. Kalau rata-rata perbaikan di angka 100 ruang kelas, berarti kita butuh waktu 16 tahun untuk menyelesaikan semuanya," ujarnya.

"Itupun baru untuk yang kategori rusak berat, belum lagi untuk yang kategori rusak sedang dan ringan," pungkasnya.rajamedia

Komentar: