Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Benarkah Jokowi & Gibran akan Merapat ke Golkar, Ini Analisis Pengamat

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 25 Desember 2023 | 17:23 WIB
Share:
Ilustrasi sinyal Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka merapat ke Golkar (Foto: Dok Mentrotvnews)
Ilustrasi sinyal Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka merapat ke Golkar (Foto: Dok Mentrotvnews)

RMJABAR.COM - Politik -  Pengamat politik Ahmad Khoirul Umam menyampaikan akan ada konsekwensi besar jika benar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan putranya, Gibran Rakabuming Raka bergabung ke Partai Golkar.

"Ini menjadi sebuah keputusan besar yang diambil oleh seorang presiden" ujar Ahmad Khoirul Umam mengutip  tayangan Primetime News, Metro TV, Minggu (24/12).

"Presiden dan putra presiden yang berpindah partai secara formal, maka hal ini menjadi sebuah keputusan besar dan langkah besar dan memicu konsekuensi besar," sambung Ahmad Khoirul Umam

Dijelaskan Umam, tradisi politik Jawa identik dengan simbol.  Simbol itu sudah terlihat ketika Presiden Joko Widodo memakai dasi warna kuning saat lawatan ke Jepang, beberapa hari lalu.

Diketahui, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sinyal bahwa Presiden Joko Widodo dan putranya, Gibran Rakabuming Raka akan bergabung ke Partai Golkar.

Airlangga menyampaikan itu saat menghadiri HUT Golkar ke-59 di Jogja Expo Center (JEC), Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta.

Airlangga menyebut bahwa Presiden Joko Widodo sudah mengenakan dasi kuning dan sudah nyaman.

Sementara Gibran disebut sudah hadir di acara AMPI di Manado. Menurut AIrlangga, hubungan Golkar, Joko Widodo dan Gibran sudah sangat dalam.

"Pak Jokowi sudah pakai dasi kuning, Pak Jokowi sudah nyaman, Mas Gibran kemarin hadir di acara AMPI di Manado," kata Airlangga, Minggu (24/12).     rajamedia

Komentar: