Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Pilgub Jabar, Ilham Habibie Optimis Koalisi dengan PKS

Laporan: Raja Media Network
Jumat, 28 Juni 2024 | 20:36 WIB
Ilham Habibie saat mendapat rekomendasi dari Partai NasDem untuk Cagub dan Bacawagub Jabar. (Foto: Repro)
Ilham Habibie saat mendapat rekomendasi dari Partai NasDem untuk Cagub dan Bacawagub Jabar. (Foto: Repro)

RMJABAR.COM - Pilgub Jabar - Bacalon gubernur Jawa Barat dari Partai NasDem Ilham Akbar Habibie, terus melakukan safari politik guna memperoleh dukungan masyarakat dan mencari tambahan kekuatan untuk mendaftar ke KPU sebagai calon gubernur (cagub) Jabar.

Dalam pemilu legislatif yang lalu, Partai NasDem, yang hanya meraih 8 kursi untuk DPRD Jabar, sehingga  tidak dapat mengusung calonnya sendiri karena belum memenuhi ambang batas parlemen sebanyak 24 kursi di Pilgub Jabar.

Partai NasDem kemudian harus mencari koalisi untuk memenuhi syarat tersebut.

Menurut Ilham Akbar Habibie, dirinya saat ini tengah intens berkomunikasi dengan PKS untuk maju dalam Pilgub Jabar.

Dikatakannya, jika berhasil berkoalisi dengan PKS, tiket menuju Pilgub Jabar akan dikantongi oleh Ilham Akbar Habibie. PKS, yang mendapat 19 kursi di Pileg DPRD Jabar, jika berkoalisi dengan NasDem, akan memenuhi syarat 24 kursi.

"Kami sudah sangat intensif berkomunikasi dengan PKS meskipun belum tuntas. Mudah-mudahan bisa kami selesaikan dalam beberapa minggu ke depan. Sudah ada MoU dengan PKS, tetapi belum ada kesepakatan final, jadi ini masih dalam penjajakan," kata Ilham Akbar Habibie usai mengunjungi Kantor Pusat Angkatan Muda Siliwangi (AMS) di Kota Bandung, Kamis (27/6).

Kemunculan nama Ilham Akbar Habibie sebagai bakal calon gubernur menambah ramai peta persaingan menuju Jabar 1.

Beberapa nama lain yang dikabarkan bakal maju di antaranya petahana Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, Bima Arya, hingga Haru Suandharu.

Dikatakan Ilham, kondisi di Jabar memiliki pengaruh besar terhadap arah pembangunan Indonesia ke depan, mengingat 50 persen industri di Indonesia berada di wilayah Jabar.

Karena itu, kemajuan di Jabar akan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi nasional.
"Melihat potensi yang ada, Jabar harus bisa menjadi ujung tombak menuju Indonesia emas," jelasnya.

Selain itu, Ilham juga menyoroti pentingnya industrialisasi dalam kemajuan suatu negara. Tingkat industrialisasi sangat menentukan sejauh mana negara tersebut bisa maju. Jabar, sebagai pusat industri, menunjukkan potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Ini pula yang menjadi salah satu alasan saya ikut maju dalam kontestasi Pilkada Jabar yang akan digelar November 2024. Selama ini, upaya untuk ikut memajukan Indonesia sudah saya lakukan melalui berbagai jalur, mulai dari ekonomi, pendidikan, dan organisasi. Kali ini, saya coba memperjuangkannya dari jalur politik," ungkapnya.

"Jalur politik menjadi pilihan karena melalui jalur ini perubahan kebijakan bisa dilakukan," sambungnya.

Diketahui, Ilham Akbar Habibie, seorang pakar penerbangan seperti ayahnya BJ Habibie, melalui PT Regio Aviasi Industri, membidani Program Regio Prop, sebuah proyek pesawat komersial buatan dalam negeri.rajamedia

Komentar: