Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Perludem: Hilangnya Data Statistik Sirekap KPU Lahirkan Polemik Baru

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 08 Maret 2024 | 23:09 WIB
Share:
Ilustrasi Sirekap. (Foto: Medsos)
Ilustrasi Sirekap. (Foto: Medsos)

RMJABAR.COM - Politik, Jakarta - Hilangnya data statistik Sirekap di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) melahirkan polemik baru terkait penghitungan suara di Pemilu 2024

Perkumpuan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai, menilai adanya Sirekap seharusnya merupakan bagian dari asas transparansi informasi dan partisipasi pengawasan publik.

"Kita lihat argumennya dimunculkan oleh KPU dengan menutup grafik itu agar kemudian meminimalisir perdebatan publik terhadap salah pembacaan. Justru kalau ditutup itu memunculkan perdebatan baru spekulasi baru terhadap KPU," ujar peneliti Perludem Heroik M. Pratama, kepada Metro TV, Jumat (8/3)

Menurut Heroik, langkah lain yang dapat dilakukan masyarakat adalah memantau satu persatu form C Hasil di setiap TPS, untuk mengawal rekapitulasi suara.

Perludem berpandangan, hal tersebut mustahil dilakukan, mengingat tingkat kompleksitasnya.

"Kalau grafiknya hilang, berarti publik jika ingin tahu caleg yang dia pilih, pasangan calon yang dia pilih, itu ya dia harus menjumlah satu-satu pada TPS dan itu sangat tidak mungkin sekali oleh publik," kata Heroik.

Perludem pun menilai meski Sirekap kerap bermasalah, sistem rekapitulasi digital dari Pemilu maupun Pilkada sebelumnya tidak pernah dihilangkan.

"Komisioner-komisioner KPU periode sebelumnya mampu mengoreksi dan tetap menampilkan data yang ada," pungkasnya.rajamedia

Komentar: