Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Koreksi Gibran, Anies Baswedan: Asam Folat Berasal Dari Tanaman Bukan dari Bengkel

Gibran Sebut 'Asam Sulfat' untuk Ibu Hamil

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 05 Desember 2023 | 22:10 WIB
Share:
Capres nomor Urut 1 Anies Baswedan. (Tangkapan Layar MetroTV)
Capres nomor Urut 1 Anies Baswedan. (Tangkapan Layar MetroTV)

RMJABAR.CO - Polhukam - Calon presiden Anies Rasyid Baswedan menyebut dalam penanganan stunting, ibu hamil membutuhkan berbagai vitamin salah satunya asam folat.

Hal itu disampaikan Anies seolah-olah mengoreksi pernyataan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang salah sebut asam folat menjadi asam sulfat untuk ibu hamil.

"Asam folat berasal dari tanaman, bukan di bengkel," kata Anies dalam acara Desak Anies Baswedan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, kalau terpilih menjadi presiden kelak, akan meneruskan metode pencegahan dan penanganan stunting yang pernah dikerjakan saat dirinya menjabat gubernur Jakarta.
Anies Baswedan pun tak akan mencontek gagasan lawan dengan memberikan makan siang gratis dalam mencegah stunting.

Menurut Anies Baswedan, penanganan stunting sejatinya bukan pada usia sekolah, melainkan sebelum ibu hamil.

Caranya dengan memperhatikan asupan, mulai dari zat besi yang diperoleh dari daging, yodium serta asam folat.

Pernyataan Anies Baswedan sekaligus meluruskan penilaian keliru Gibran. Wakil presiden Prabowo Subianto itu, pada saat berbicara bagaimana mewujudkan Indonesia Emas 2024, menyebut ibu hamil membutuhkan asam sulfat untuk mencegah bayi lahir stunting.

"Lalu, ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak, berat badannya tinggi badannya oke gak," kata Gibran di acara Diskusi Ekonomi Kreatif, Jakarta, Minggu, 3 Desember 2023.

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan perempuan. Bagi ibu hamil, asam folat termasuk asupan terpenting selain zat besi, kalsium, dan mineral.

Sebaliknya, asam sulfat merupakan cairan berbahaya. Zat ini acap dipakai dalam pembuatan aki, pupuk, pulp, dan kertas.rajamedia

Komentar: