Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Selamat!!! Persib Juara Liga 1 2023/2024

Laporan: Firman
Jumat, 31 Mei 2024 | 21:15 WIB
Share:
Pemain Persib merayakan gol ke gawang Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat, 31 Mei 2024. (Foto: PERSIB.co.id)
Pemain Persib merayakan gol ke gawang Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat, 31 Mei 2024. (Foto: PERSIB.co.id)

RMJABAR.COM - Final Liga 1, Gelora Bangkalan - Persib berhasil meraih kemenangan sempurna atas tuan rumah Madura United deng skor 1 - 3, pada leg ke dua Championship Series Liga 1 2023/2024.

Persib secara meyakinkan unggul agregat atas Madura United 6 -1.

Kemenangan 3-0 pada leg pertama final Liga 1 2023/2024 tak membuat Persib berada di atas angin.

Pangeran Biru tetap membidik kemenangan dari Madura United pada pertandingan leg kedua di Stadion Gelora Bangkalan pukul 19.00 WIB, Jumat, 31 Mei 2024

Di leg pertama, tiga gol kemenangan Persib disumbangkan Ciro Alves (70) dan brace David da Silva (90+4 dan 90+7).

Persib sebenarnya hanya butuh mempertahankan keunggulan agregat tiga gol tersebut untuk memastikan gelar juara.

Pelatih Persib, Bojan Hodak menyatakan, dirinya akan selalu mengingatkan para pemainnya untuk fokus di sepanjang pertandingan.   

"Saya akan membawa 'rotan' dan memukul pemain untuk membuat mereka fokus bahwa ini belum selesai," kata Bojan.

Ini merupakan gelar pertama Persib Bandung pada era Liga 1 Indonesia setelah terakhir kali merengkuh juara pada era Liga Super Indonesia 2014.

Pada pertandingan ini kemenangan Persib Bandung hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh David Da Silva, Marc Klok serta Beckham Putra Nugraha pada babak kedua, sedangkan Madura United sempat memperkecil ketertinggalan lewat tendangan penalti Slamet Nurcahyo.

Hasil ini membuat Persib Bandung memenangi partai final Championship Series Liga 1 Indonesia 2023/2024 berkat kemenangan agregat 6-1 atas Madura United.

Jalannya pertandinga Persi mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mendapatkan peluang lewat tendangan Ciro Alves yang masih menyamping dari gawang Madura

Persib kembali mendapatkan peluang, kali ini melalui sundulan David Da Silva setelah menerima umpan sepak pojok Ciro, namun bola masih membentur tiang gawang Madura.

Setelah sempat tertekan, Madura berbalik melancarkan serangan ke lini pertahanan Persib, namun belum ada yang menciptakan peluang berbahaya.

Madura memiliki peluang yang cukup membahayakan melalui sundulan dari Cleberson yang memanfaatkan skema sepakan pojok, namun bola masih menyamping dari gawang Persib.

Persib menciptakan peluang emas lewat skema serangan balik yang berawal dari umpan David Da Silva dan disambut tendangan Ciro Alves, akan tetapi bola dapat ditepis kiper Madura Lucas Frigeri.

Babak kedua, Madura mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun beberapa peluang yang mereka ciptakan belum membahayakan gawang Persib.

Solidnya pertahanan Persib membuat pemain-pemain Madura United menjadi putus asa. Umpan-umpan silang yang dilancarkan para pemain Madura United mentok di duo bek Nick dan Alberto. Sementera serangan-serangan balik Persib membahayakan.

Persib akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh David Da Silva memanfaatkan bola muntah tendangan Ciro Alves sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-60.

Tertinggal satu gol, Madura berusaha bangkit dan memberikan ancaman lewat tendangan Riyatno Abiyoso yang masih dapat ditepis oleh kiper Persib Kevin Ray Mendoza.

Laskar Sape Kerrab kembali menciptakan peluang, kali ini melalui tendangan Malik Risaldi yang kembali dapat dihalau oleh Mendoza.

Di menit 86, Marc Klok menambah keunggulan PERSIB di laga ini menjadi 2-0 setelah menuntaskan umpan sodoran dari Ciro Alves. Ini adalah gol ke-5 pemain berusia 31 tahun itu.

Di menit 89, Pangeran Biru kembali melakukan pergantian. Pelatih Bojan Hodak memasukkan Teja Paku Alam untuk menghantikan Kevin Ray Mendoza.

Di masa tambahan, Ciro memberikan bola kepada Beckham untuk dimasukkan ke gawang yang sudah kosong.

Slamet Nurcahyo mencetak gol dari titik penalti di menit 90+6 dan mengubah kedudukan menjadi 1-3 yang bertahan hingga laga berakhir.

Madura United mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada penghujung pertandingan melalui eksekusi tendangan penalti Slamet Nurcahyo yang tak dapat dibendung Teja Paku Alam. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain

Madura United: Madura United: Lucas Frigeri; Novan Sasongko, Cleberson Souza, Fachruddin Aryanto, Dodi Alekvan Djin; Jacob Mahler, Jaja, Francisco Rivera; Malik Risaldi, Dalberto, Koko Ari Arava.

Persib: Kevin Ray Mendoza (GK/89), Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Henhanussa, Dedi Kusnandar(c/40), Rachmat Irianto (72), Ciro Alves, Febri Hariyadi (72), Stefano Beltrame, David da Silva.

Pengganti: Teja Paku Alam (GK/89), Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto, Kakang Rudianto, Zalnando, Marc Klok (40), Beckham Putra Nugraha (72), Edo Febriansyah, Ryan Kurnia, Ezra Walian (72)rajamedia

Komentar: