Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Pastikan Arus Nataru Lancar, Menhub dan Kakorlatas Tinjau Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang

Laporan: RMN
Minggu, 17 Desember 2023 | 13:59 WIB
Share:
Menhub Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan dan Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi meninjau pelabuhan Gilimanuk, Bali. (Foto: Humas Polri)
Menhub Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan dan Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi meninjau pelabuhan Gilimanuk, Bali. (Foto: Humas Polri)

RMBANTEN.COM - Nataru - Dalam rangka memastikan arus mudik jelang jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 lancar, aman dan nyaman, Korlantas Polri, bersama emenhub dan ASDP meninjau Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Sabtu (16/12).

Dalam peninjauan itu hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan dan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

Kakorlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan menyatakan bahwa Korlantas Polri siap berkoordinasi dengan Kemenhub maupun stakeholder lain untuk mengatur lalu lintas sekitar pelabuhan.

Aan berharap volume kendaran menuju Pelabuhan Ketapang berkurang.

"Dengan adanya penambahan kapal dan pemisahan pelabuhan kendaraan penumpang dan barang, mudah-mudahan volume kendaraan yang menuju Ketapang akan berkurang,” ujar Aan di Pelabuhan Ketapang.

Aan mengatakan secara nasional kepolisian akan menyiagakan 129.000 personel dan mendirikan 2.700 posko jaga. Pos jaga tersebut terdiri dari beberapa kategori. Diantaranya posko pelayanan, posko pengamanan dan posko terpadu.

"Posko pelayanan dapat berfungsi sebagai rest area bagi masyarakat. Di posko tersebut disediakan snack dan aneka camilan lainnya”, ujar Aan.

"Pos pelayanan memberikan servis bagi masyarakat, bila lelah bisa rehat disitu, minum kopi atau makan camilan,” sambung Aan.

Sementara , Menhub Budi Karya memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung kelancaran perjalanan masyarakat selama masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

"Sejak dua bulan yang lalu kami sudah sampaikan ke Korlantas dan ASDP. Jika sebelumnya kami tanpa koordinasi, sekarang kami sudah lakukan koordinasi dan sudah ada perbaikan-perbaikan,” demikian tutup Budi Karya Sumadi melansir laman Humas Polri.rajamedia

Komentar: