Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Naik Pangkat Jenderal Bintang 4, Prabowo: Terima Kasih Presiden Jokowi

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 29 Februari 2024 | 09:27 WIB
Share:
Presiden Joko Widodo menyerahkan keputusan kenaikan pangkat istimewa Prabowo Subianto sebagai Jenderal  bintang empat. (Foto: Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo menyerahkan keputusan kenaikan pangkat istimewa Prabowo Subianto sebagai Jenderal bintang empat. (Foto: Foto: BPMI Setpres)

RMJABAR.COM - Politik, Jakarta -  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi menyandang pangkat Jenderal penuh, bintang empat . Pangkat yang diterima Prabowo bersifat istimewa dan kehormatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyematkan kenaikan pangkat itu saat Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, pada Rabu (28/2).

Ketua Umum Partai Gerindra itu lantas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo

"Terima kasih kepada Presiden RI @jokowi atas anugerah dan kehormatan ini, terima kasih kepada Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia, serta seluruh prajurit TNI dan Polri di seluruh Indonesia," kata Prabowo melalui Instagram, Rabu 28 Februari 2024.
 
Prabowo mengaku sejak umur 18 tahun sudah mengucap sumpah untuk selalu setia kepada Negara, Bangsa Dan Rakyat Indonesia. Ia juga bersumpah mendharma bhaktikan dan mempersembahkan jiwa raga untuk negara.

"Sumpah itu yang akan saya selalu pegang," ujarnya.

Presiden Jokowi langsung menyematkan tanda pangkat kepada Prabowo. Jokowi berdalih pemberian ini atas dasar usulan dari Panglima TNI.

Sementara Panglima TNI berdasarkan implikasi atas Bintang Yudha Dharma Utama yang diterima Prabowo pada 2022 lalu. Prabowo dinilai berjasa dalam bidang pertahanan dan kemajuan TNI serta negara.

"Jadi semuanya memang berangkat dari bawah. Berdasarkan usulan Panglima TNI, saya menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan," kata Jokowi di Mabes TNI, Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa penganugerahan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan tersebut ia setujui usai diusulkan Panglima TNI.

"Panglima TNI mengusulkan agar Pak Prabowo diberikan pengangkatan dan kenaikan pangkat secara istimewa jadi semuanya memang berangkat dari bawah. Berdasarkan usulan Panglima TNI, saya menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan,” tutur Presiden.

Dengan demikian, per hari ini, Prabowo resmi menyandang titel Jenderal TNI (HOR) di depan namanya. Dia menambah deretan purnawirawan TNI yang menerima penghargaan kenaikan pangkat istimewa jenderal kehormatan setelah Luhut Binsar Pandjaitan, Hendropriyono, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Sarwo Edhie Wibowo.rajamedia

Komentar:
BERITA POPULER
01
Drone Khandaq

Opini 17 jam yang lalu

Serangan drone Iran di wilayah udara Israel.-