Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Gus Muhaimin: Program Food Estate Gagal Total

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 28 September 2023 | 10:19 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: Repro)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: Repro)

RMJabar.co - Jakarta - Program sentra pangan nasional atau food estate yang digulirkan pemerintah dinilai bakal cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Muhaimin Iskandar gagal total.

"Produktivitas pangan ini benar-benar harus digerakkan secara masif, bukan melalui food estate tetapi melalui peningkatan produktivitas lahan dan tanah milik rakyat dan petani," ujar Muhaimin usai menjadi pembicara di  Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (27/9).

Gus Muhaimin biasa disapa meminta pemerintah mengevaluasi program tersebut dan membuat program ketahanan pangan yang baru dengan melibatkan masyarakat, khususnya petani.

"Food estate terbukti gagal, Maka jalan cepat yang harus dilakukan adalah mengidentivikasi tanah-tanah pertanian punya rakyat, diorganisir dengan manajemen bisnis raksasa pangan nasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan, sudah waktunya Indonesia lepas dari ketergantungan impor. Kondisi ini bisa berbahaya apabila negara produsen tak lagi bisa memenuhi permintaan Indonesia.

"Kalau kita tidak bisa impor, kita makan dari mana? Kecuali kita (bisa) berswasembada," pungkas Wakil Ketua DPR RI itu.rajamedia

Komentar: