Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Survei Pilbup Bandung: Elektabilitas Dadang Teratas, Sahrul Gunawan Menyusul!

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 11 Juli 2024 | 21:09 WIB
Tiga Bakal calon Bupati Bandung, Dadang Supriatna, Sahrul Gunawan, dan Gun Gun Gunawan. [Foto: Repro/RMJ]
Tiga Bakal calon Bupati Bandung, Dadang Supriatna, Sahrul Gunawan, dan Gun Gun Gunawan. [Foto: Repro/RMJ]

RMJABAR.COM - Pilkada, Bandung -  Tensi politik di Kabupaten Bandung semakin menghangat jelang Pilkada Kabupaten Bandung. 

 

Ada Tiga nama yang menguat untuk menjadi calon bupati, yakni Bupati Petahana Dadang Supriatna, Wakil Bupati Petahana Sahrul Gunawan dan mantan Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan.

 

Hasil survei  Indonesian Political Opinion (IPO) dalam rilis terbarunya mencatat ketiga calon berada di urutan teratas pilihan responden. 

 

 

Dadang Supriatna meraih elektabilitas tertinggi dengan 57,4 persen , mengungguli Sahrul Gunawan dengan 28,8 persen dan Gun Gun Gunawan 12,1 persen.

 

Survei dilakukan pada periode 2-6 Juli 2024. Indonesian Political Opinion melibatkan 1.340 responden dan tersebar di 31 kecamatan se Kabupaten Bandung.

 

Indonesian Political Opinion menyodorkan tiga nama calon bupati Bandung yang dinilai memiliki elektabilitas tinggi kepada responden. Mereka ialah Dadang Supriatna, Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan

 

Teknik sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan multistage random sampling. Margin of error diklaim +- 4% dengan tingkat kepercayaan 95%.

 

Berdasarkan hasil survei, jumlah responden di Kabupaten Bandung yang menyatakan tidak tahu dan tidak menjawab hanya 1,7%.

 

Fakta lainnya yang diungkap Indonesian Political Opinion adalah mengenai tingkat keyakinan responden dalam menentukan pilihannya tersebut. Hasilnya, 39 % menjawab dengan yakin, 8 % sangat yakin, ragu-ragu 47 %, dan sangat ragu 6 %.

 

Survei Indonesian Political Opinion ini belum mengukur hasil survei ketika calon berpasangan. Pasalnya, hingga hari ini para calon belum mengumumkan siapa calon pasangan masing-masing untuk kontestasi Pemilihan Bupati Bandung. rajamedia

Komentar: