Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Detik-detik Video Pengambilan Nomor Urut: Anies-Muhaimin No 1, Prabowo-Gibran No 2, Ganjar-Mahfud No 3

Laporan: RMN
Selasa, 14 November 2023 | 22:19 WIB
Share:
Detiik-detik pengambilan nomor urut Capres dan Cawapres. (Tangkapan Layar Metro TV)

RMJABAR.COM - Polhukam, Pilpres - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sukses menggelar pengundian nomor urut capres-cawapres peserta Pilpres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, baru saja Selasa malam (14/11).

Dalam video yang tayangkan stasiun TV Metro. Tampak raut muka sumringah dari pasangan Anies-Muhaimin karena mendapatkan nomor urut 1. Pun nampak dipasangan Ganjar-Mahfud, Ganjar nampak terlihat senang dengan Nomor urut 3 karena sesuai dengan nomor urut partai PDIP yaitu nomor 3. Sementara pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan nomor urut 2.

Sebagai informasi, pasangan Anies-Muhaimin atau disebut pasangan AMIN diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Koalisi itu terdiri dari Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Total dukungan kursi AMIN berdasarkan kursi di DPR RI dengan 29,04%.

Sementara itu, Ganjar-Mahfud memiliki modal dukungan 28,06%. Angka itu berasal dari suara sah nasional PDI Perjuangan hasil Pemilu 2019 sebanyak 27.053.961 suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 6.323.147 suara, Perindo 3.738.320 suara, dan Partai Hanura 2.161.507 suara.

Adapun pasangan Prabowo-Gibran memiliki dukungan terbanyak lewat Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan 42,67% suara yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Garuda.

Selanjutnya tahapan Pilpres 2024 adalah masa kampanye. KPU menetapkan masa kampanye pasangan capres-cawapres sama dengan masa kampanye calon legislatif.rajamedia

Komentar: