Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

PIALA AFF 2022

Viral Suporter Naiki 'Sound System', Dede Yusuf: Downgrade Sepakbola Tanah Air

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 04 Januari 2023 | 09:18 WIB
Share:
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf/Repro
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf/Repro

Raja Media Jabar,  Parlemen - Aksi suporter Indonesia menaiki stand sound system saat pertandingan Indonesia melawan Thailand dalam Piala AFF di Gelora Bung Karno (GBK) ramai di media sosial.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menilai aksi yang dilakukan oknum tersebut merendahkan sepak bola Indonesia.

"Perbuatan seperti ini men-downgrade sepak bola yang sedang baik, dan mulai memiliki citra internasional," ujar Dede dalam keterangannya belum lama ini.

Dede Yusuf menegaskan perbuatan tersebut adalah salah. Sebab, dalam Undang-undang Keolahragaan, segala perbuatan yang membahayakan keselamatan dan keamanan suporter lain dilarang.

"Rasanya sekarang sudah ada Peraturan kapolri yang baru, tentang penanganan suporter. Dan sudah harus dimulai sanksi-sanksi yang membahayakan seperti ini," ujar Dede.

Politisi dari Partai Demokrat itu menilai, jumlah steward perlu ditambah saat laga timnas Indonesia.

Tambah Dede, kesadaran suporter untuk tidak melakukan aksi provokatif dan membahayakan penonton lainnya adalah yang utama.

"Memang perlu peningkatan kesadaran suporter, dari yang brutal menjadi terpelajar dan taat aturan. Di luar negeri juga sama dilakukan capacity building oleh klub dan suporter," terang Dede.

Dede menambahkan, panitia pelaksana (panpel) juga perlu memberikan sanksi yang tegas kepada suporter yang melakukan pelanggaran, misalnya dalam bentuk denda atau hukuman.

“Dan sanksi itu harus terbaca di setiap sudut. Dengan juga memasang CCTV sehingga bukti tidak dari HP penonton saja," ujarnya.

Sebelumnya, beredar video viral yang memperlihatkan seorang suporter yang mengenakan pakaian putih menaiki stand sound system saat laga berlangsung.

Dalam video tersebut, terlihat dia berteriak dan berjoget di sana. Dalam video tersebut juga terdengar suporter lainnya mengingatkan pria tersebut untuk turun. Terlihat juga beberapa orang lainnya menghampiri pria tersebut dan menyuruhnya turun.

Alih-alih turun, pria tersebut justru masih bertengger di sana sambil berjoget. Bahkan terlihat juga gestur tubuhnya seakan menyuruh mereka yang mengingatkan untuk diam dan tak mempermasalahkan aksinya tersebut.rajamedia

Komentar: