Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Puting Beliung di Sumedang dan Bandung Lukai 31 Orang, Puluhan Rumah hingga Pabrik Rusak

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 22 Februari 2024 | 08:52 WIB
Share:
Bangunan di jalan raya Rancaekek pasca diterjang oleh angin puting beliung, Rabu (21/2/2024) (Foto: Dok RRI)
Bangunan di jalan raya Rancaekek pasca diterjang oleh angin puting beliung, Rabu (21/2/2024) (Foto: Dok RRI)

RMJABAR.COM - Puting Beliung - Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung pada Rabu (21/2) kemarin menyebabkan 31 orang terluka dan lebih dari 100 bangunan terdampak termasuk pabrik tekstil dan pemukiman warga.

Hasil pendataan dari BPBD Jabar pada Kamis 22 Februari 2024 pukul 00.57 WIB, bangunan yang terdampak angin puting beliung tersebut berada di wilayah Kabupaten Sumedang yaitu Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung, serta di Kabupaten Bandung yakni Kecamatan Rancaekek dan Kecamatan Cicalengka.

"Korban terdampak di Sumedang ada 413 kepala keluarga dan 12 orang luka-luka," ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Barat, Hadi Rahmat, melalui keterangan tertulis pada Kamis (22/2).

Sedangkan warga yang terdampak di Kabupaten Bandung sebanyak 19 orang luka-luka dan langsung dilarikan kerumah sakit terdekat karena terkena puing-puing bangunan yang terbawa angin puting beliung.

"Dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka dan RSKK," sahut Hadi.

Sementara, untuk bangunan yang terdampak di Kabupaten Sumedang terdapat 13 unit bangunan pabrik serta 10 unit rumah warga dengan kondisi rusak sedang. Namun, kerusakan bangunan di Kabupaten Bandung lebih banyak dibandingkan di Sumedang dalam bencana tersebut.

"Ada empat bangunan pabrik dan toko terdampak. 47 Unit rumah rusak ringan,1 4 unit rumah rusak sedang dan 26 unit rumah rusak berat," bebernya.

Petugas gabungan pun masih terus berupaya untuk membersihkan puing-puing bangunan yang terbawa angin puting beliung. Selain itu, pendataan warga yang terdampak pun terus dilakukan untuk memastikan tidak ada yang terlewat.

"Warga terdampak masih dalam pendataan dan validasi. Kondisi saat ini pembersihan puing-puing yang berserakan," pungkas Hadi.rajamedia

Komentar: