Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Pupuk Mahal! Petani di Pengalengan Curhat Ke Capres Anies

Laporan: Raja Media Network
Rabu, 29 November 2023 | 17:28 WIB
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dalam kampanye hari kedua, meyerap aspirasi petani di Pengalengan. -
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dalam kampanye hari kedua, meyerap aspirasi petani di Pengalengan. -

RMJABAR.COM - Politik - Kelompok petani holtikultura se-Pengalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengeluhkan persoalan terkait pupuk.

Keluhan itu disampaikan calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan, Rabu (29/11). 2023.

"Mereka sampaikan yang paling utama yang kita rasakan dimana-mana, adalah soal kelangkaan pupuk kelangkaan pupuk yang dibutuhkan di kawasan," ujar Anies.

Menurut Anies,petani butuh ketersediaan pupuk yang dapat dilihat siklus produksinya oleh pemerintah. Sementara itu, siklus produksi yang berulang kali itu tetap ketersediaan pupuk masih belum mumpuni.

"Kebutuhannya sudah bisa diprediksi sebetulnya karena siklus produksi itu kan dari tahun ketahun sama dari musim ke musim sama, tinggal suplai pupuknya," ujar Anies.

Anies mengatakan para petani juga menyampaikan permasalahan pupuk. Persoalan lain terkait ketersediaan pupuk bersubsidi.

"Mereka sampaikan bahwa sebaiknya sudah harus ada langkah baru untuk memastikan bahwa terjadi ketersediaan pupuk sesuai dengan kebutuhan yang ada di petani," ucap Anies.

Mantan Gubernur Jakarta juga menyempatkan lebih dalam mendengarkan keluhan petani. Mulai dari harga jual hasil panen hingga pemanfaatan lahan.

"Ada lahan lahan milik negara yang mereka ingin bisa gunakan agar mereka bisa berproduksi, dan mereka mengharapkan untuk diberikan kesetaraan kesempatan dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di tempat ini yang dalam pantauan mereka lahan itu sering tidak dimanfaatkan dengan optimal," demikian Anies melansir laman metrotvnews.com.

Sebagai informasi, Anies memulai kegiatan kampanye hari kedua di Kabupaten Bandung. Sambil memakai topi caping, ia juga menyempatkan untuk memanen kol bersama kelompok petani holtikultura se-Pengalengan.rajamedia

Komentar: