Politik

Bale Maung

Bale Dewan

Hukum

Ekbis

Bale Jabar

Peristiwa

Galeri

Olahraga

Opini

Nusantara

Dunia

Keamanan

Pendidikan

Kesehatan

Gaya Hidup

Otomotif

Indeks

Ciptakan Iklim Sepakbola yang Lebih Baik, PSSI Teken MoU dengan Polri

Laporan: Halim Dzul
Kamis, 14 Desember 2023 | 09:59 WIB
Share:
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir memperlihatkan MoU antara PSSI dan Polri. (Foto: Dok PSSI)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir memperlihatkan MoU antara PSSI dan Polri. (Foto: Dok PSSI)

RMJABAR.COM - Jakarta - Penandatanganan MoU memperkuat kolaborasi menciptakan iklim sepakbola yang lebih baik dilaksanakan Polri dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Penandatangan Mou dilakukan langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan, pihaknya bersama Polri sepakat menciptakan kualitas sepakbola Indonesia yang lebih baik lagi. Hal itu sebagaimana arahan Presiden Jokowi.

"Hal yang luar biasa terjadi hari ini. Cita-cita besar anak bangsa untuk memiliki sepakbola yang bersih dan berprestasi sudah dilakukan terus-menerus ketika kemarin Pak Jokowi selaku pemerintah dan Presiden FIFA sepakat, bahkan Presiden FIFA meyakini sepakbola Indonesia bisa lebih baik lagi,” ujar Erick Thohir di Rupatama Mabes Polri, Rabu (13/12).

Menurut Erick, Kapolri dan dirinya memiliki komitmen yang sama, tidak hanya pengamanan, tetapi juga menciptakan iklim sepakbola yang bersih dari pengaturan skor, perlindungan kepada suporter, bahkan mencetak atlet berprestasi.

Bahkan, Jenderal Sigit menginisiasi adanya satgas independen yang akan melakukan pengawasan.

Lebih lanjut, Erick menyatakan, Indonesia bersama FIFA pun sepakat akan lebih banyak lagi pertandingan internasional yang diselenggarakan. Ia menyebutkan, Piala Dunia 2025 dan U-20 bersama Singapura adalah dua event yang akan terselenggara.

"Tentu pak Kapolri dan jajaran terima kasih atas keseriusan kita semua dan perhatian khusus, juga tim dari satgas independen yang mau membantu kami dalam pengawasan secara publik yang lebih baik,” ujarnya.

Kompetisi fair

Sementara, Kapolri JenderalListyo Sigit Prabowo memaparkan bahwa pihaknya akan selalu berkoordinasi dan mendukung terciptanya iklim sepakbola yang lebih baik lagi. Disepakati bagaimana kompetisi sepakbola dalam ajang nasional maupun internasional.

"Komitmen untuk menciptakan kompetisi yang fair, maka kita sepakat kerja sama di bidang penegakan hukum dengan Satgas Mafia Bola Polri dan Satgas Mafia Independen,” ujar Jenderal Sigit.

Menindaklanjuti kerja sama ini, Kapolri mengungkapkan akan adanya kerja sama dengan kelompok suporter untuk bersama-sama menciptakan iklim sepakbola yang lebih baik.

Sebab, tak dipungkiri beberapa kejadian sebelumnya terjadi peristiwa di lingkup suporter.

"Mungkin karena terlalu bersemangat yang berlebihan dan dukungan berlebihan kepada klubnya sehingga terjadi masalah. Ke depan kita sepakati untuk menciptakan iklim lebih baik di pesepakbolaan,” demikian tutup Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.rajamedia

Komentar: